26 August 2010

Sang Pemimpin

Ketika mana seseorang memutuskan (baik secara sadar atau tidak) untuk mengikuti kepemimpinan anda,

keputusan itu terutama karena satu atau dua hal berikut:

karakter anda atau kemampuan anda. Mereka ingin memastikan apakah anda adalah seseorang yang pantas mereka ikuti, atau apakah anda memiliki kemampuan untuk membawa mereka pada keberhasilan. Tentu ada banyak pertimbangan, namun kali ini kita akan memusatkan perhatian pada diskusi untuk mengetahui macam-macam karakter yang membuat orang lain mengikuti kepemimpinan anda.

1. Integriti.
Integriti adalah melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang anda katakan akan anda lakukan.

Integriti membuat anda dapat dipercaya. Integrii membuat orang lain mengandalkan anda.

Integriti adalah penepatan janji-janji anda.

Satu hal yang membuat sebagian besar orang enggan mengikuti anda adalah bila mereka tak sepenuhnya merasa yakin bahwa anda akan membawa mereka menuju ke tujuan yang anda janjikan. Apakah anda dikenal sebagai seseorang yang mempunyai integriti? Bila ya, maka anda layak menjadi seorang pemimpin.

2 Optimisme.
Takkan ada orang yang mahu mengikuti anda bila anda memandang suram masa depan. Mereka hanya mahu mengikuti seseorang yang dapat melihat masa depan dan memberitahukan pada mereka bahwa di depan sana terbentang tempat yang lebih baik, dan mereka dapat mencapai tempat itu.

Apakah anda melihat gelas itu separuh kosong? Bila ya, anda adalah seorang pesimis. Apakah anda melihat gelas itu separuh berisi? Bila ya, anda adalah seorang optimis.
Apakah anda melihatnya sebagai segelas penuh; yaitu separuh berisi air dan separuh lagi berisi udara? Maka anda adalah seorang yang super optimis. Apakah anda dikenal sebagai seorang yang optimis? Bila ya, anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

3. Menyukai perubahan.
Pemimpin adalah mereka yang melihat adanya keperluan akan perubahan, bahkan mereka
bersedia untuk memacu perubahan itu. Sedangkan pengikut lebih suka untuk tinggal di tempat mereka sendiri. Pemimpin melihat adanya kebaikan di balik perubahan dan mengkomunikasikannya dengan para pengikut mereka. Jika anda tidak berubah, anda takkan tumbuh.

Apakah anda anda dikenal sebagai seseorang yang memacu perubahan? Jika ya, anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

4.Berani mengambil risiko
Kapan pun kita mencuba sesuatu yang baru, kita mengambil risiko. Keberanian untuk mengambil risiko adalah bagian dari pertumbuhan yang teramat penting.Kebanyakan orang menghindari risiko.

Karena itu, mereka bukan pemimpin. Para pemimpin menghitung risiko dan keuntungan yang ada di balik risiko. Mereka mengkomunikasikannya pada pengikut mereka dan melangkah pada hari esok yang lebih baik. Apakah anda dikenal sebagai seorang yang berani mengambil risiko? Jika ya, anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

5. Rajin/Tidak kenal putus asa.
Kecenderungan dari pengikut adalah mereka menyerah saat sesuatunya menjadi sukar. Ketika mereka mencuba untuk yang ke dua atau ke tiga kalinya dan gagal, mereka lalu mencanangkan motto, "Jika anda gagal di langkah pertama, sudahlah menyerahlah dan lakukan sesuatu yang lain."

Jelas saja mereka melakukan itu, karena mereka bukan pemimpin. Para pemimpin itu tahu apa yang ada di balik tembok batu, dan mereka akan selalu berusaha menggapainya. Lalu mereka mengajak orang lain untuk terus berusaha.

Apakah anda dikenal sebagai seseorang yang rajin, tangguh, dan berdaya tahan tinggi? Jika ya, anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

6. Katalistis.
Seorang pemimpin adalah seseorang yang secara luar biasa mampu menggerakkan orang lain untuk melangkah. Mereka bisa mengajak orang lain keluar dari zone kenyamanan dan bergerak menuju tujuan mereka. Mereka mampu membangkitkan gairah, antusiasme, dan tindakan dari para pengikut. Apakah anda dikenal sebagai seseorang yang mampu menggerakkan orang lain? Jika ya,anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

7. Berdedikasi/komited.
Para pengikut menginginkan seseorang yang lebih mencurahkan perhatian dan komited ketimbang diri mereka sendiri. Pengikut akan mengikuti pemimpin yang senantiasa bekerja dan berdedikasi karena mereka melihat betapa pentingnya pencapaian tugas-tugas dan tujuan. Apakah anda dikenal sebagai seseorang yang komit dan senantiasa mencurahkan perhatian anda pada tujuan? Jika ya,anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa. Fikir-fikirkan lah

4 comments:

Milus bin Hj. Abd. Wahad said...

...pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mengutamakan rakyatnya berbanding diri sendiri... tahniah kerana berupaya menjelaskan tenteng karektor sebagai pemimpin...

neiji sheito said...

jika seorang pemimpin mempunyai ketujuh2 ciri2 itu, beliau cukup sempurna untuk bergelar pemimpin. namun beliau masih perlu mengetengahkan sikap jujur, ikhlas dan adil bagi memantapkan lagi kepimpinan beliau.

Paquin said...

Bestnya kalau semua ciri2 ni ada dalam diri para pemimpin kita. hehe

Paquin said...

Betul Athina. Pasti rakyat akan sokong sepenuhnya pemimpin yang mempunya ciri2 ini. Semoga para pemimpin di Malaysia akan berusaha menerapkan ciri2 tersebut secara senulajadi dalam siri mereka :)

Blog Archive

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

Labels